Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Influenza

Influenza

        Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Faktor-Faktor Penyebab dan Gejala-Gejala Penyakit Flu serta Cara Mengatasinya Tanpa Harus Pergi ke Dokter. Untuk lebih jelasnya, likatlah penjelasan di bawah ini :


          Pilek atau yang sering disebut dengan influenza adalah sebuah infeksi virus akut di saluran pernapasan. Terjadi secara epidemik maupun pandemik. Infeksi ini disebabkan oleh beberapa strain virus influenza, yaitu virus influenza A, B, dan C. Masa inkubasi virus ini berlangsung selama 3-10 hari. Hal ini ditandai dengan adanya inflamasi pada mukosa hidung, faring, dan konjungtiva. Kemudian, influenza disertai pula oleh sakit kepala, sakit pada otot, sakit tenggorokan, batuk, demam, menggigil dan lemas.

          Menurut Dr Eliana S.Pd dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran Jakarta, flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan biasanya menyerang bila kondisi ketahanan tubuh kita sedang tidak baik. Terutama pada saat musim hujan. “Biasanya virus ini ditularkan melalui air liur yang sudah terinfeksi,” katanya. Dan cara penularannya bisa dari batuk ataupun bersin dari pasien yang sedang menderita flu.

          Masa inkubasi dari penyakit ini sekitar satu hingga empat hari (rata-rata dua hari). Pada orang dewasa, infeksi menyerang sejak satu hari sebelum timbulnya gejala influenza hingga lima hari setelah mulainya penyakit ini. Sedangkan anak-anak dapat menyebarkan virus ini sampai lebih dari sepuluh hari. Ciri khas yang tampak dari penyakit ini berupa gangguan pernafasan yang timbulnya mendadak seperti panas tinggi dan hidung tersumbat. Bagi sebagian orang yang sebelumnya sudah memiliki gangguan paru dan jantung, influenza dapat menimbulkan penyakit radang paru-paru sekunder.

          Flu merupakan gejala penyakit yang mempunyai tahapan yaitu tenggorokan, kepala, dan dada. Namun tahapan itu tidaklah berurutan. Bisa saja Anda terkena terlebih dahulu pada bagian kepala atau tenggorokan. “Pada beberapa kasus influenza ditandai dengan kedinginan dan disertai dengan demam tinggi,” katanya. Selain itu biasanya pasien juga akan merasakan sakit pada tenggorokan. Semua gejala tersebut juga diikuti dengan sakit kepala, sakit perut dan suara parau. “Pada beberapa kasus, influenza juga disertai dengan batuk dan mual muntah,” paparnya. Bahkan untuk kasus berat biasanya pasien juga mengalami diare.

              Virus influenza secara konstan terus berubah-rubah, maka yang bisa dilakukan hanyalah mengobati gejala-gejala dan mencegah agar tidak terjadi komplikasi. Pemberian vitamin C terbukti dapat mempercepat proses kesembuhan. Bila demam menyertai maka dibutuhkan tambahan makanan unutuk suplai energi dan vitamin B untuk proses metabolisme kalori. Perbaikan terhdap infeksi dibutuhkan vitamin A dan C dan zat besi untuk pembentukan antibodi yang diperlukan tubuh untuk memperkuat daya tahannya.
 
Jika anda ingin mengatasi Influenza tanpa harus pergi ke dokter, anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini :
  • Dapatkan Vaksin Flu Ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri terhadap flu. Tidak suka disuntik? Sebagian besar remaja bisa mendapatkan vaksin flu menggunakan obat semprot hidung. Mendapatkan vaksinasi tidak hanya melindungi kesehatan Anda sendiri. Hal ini juga membantu orang-orang di sekitar Anda karena ada sedikit kesempatan Anda akan menangkap flu dan menyebarkannya.
  • Cuci tangan Anda sesering mungkin. Selain mendapatkan vaksin flu, mencuci tangan adalah hal yang penting dari pertahanan terhadap kuman seperti virus flu. Mengapa? Tubuh membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk membangun kekebalan setelah vaksin flu – dan bahkan vaksin tidak aman jika strain baru dari virus mulai membuat putaran. Cuci tangan juga membantu melindungi terhadap kuman lain dan penyakit yang tidak ada vaksin untuk, seperti flu biasa.
  • Cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin; sebelum memasang atau melepas lensa kontak, sebelum menggunakan make up, dan sebelum makan, melayani, atau menyiapkan makanan. Hal yang besar tentang mencuci tangan adalah perlindungan itu mudah. Sehingga mendapatkan dalam kebiasaan mencuci tangan Anda ketika Anda pulang dari sekolah, mal, bioskop, atau di mana saja Anda ada di sekitar banyak orang.
  • Jaga jarak Anda jika seseorang sedang sakit (batuk, bersin, dll). Virus flu perjalanan melalui udara, jadi cobalah untuk menjauh dari orang yang terlihat sakit. Tentu saja, orang yang memiliki virus flu tidak selalu terlihat sakit. Di situlah vaksin dan mencuci tangan berfungsi menghambat virus untuk masuk.
  • Ini juga merupakan ide yang baik untuk menghindari menyentuh hidung, mata, dan mulut – tiga tempat virus flu dapat dengan mudah memasuki tubuh.
  • Batuk atau bersin ke kulit atau siku Anda , bukan ke tangan Anda. Dengan begitu, Anda tidak menyebarkan virus ketika Anda menyentuh permukaan yang dapat menyentuh orang lain juga.
  • Istirahatlah di rumah jika Anda sedang flu.
  • Jika penyebab pilek alergi, hindarilah penyebab alergi tersebut
  • Perbanyak minum air hangat dan cukup istirahat
  • Untuk influenza sebaiknya istirahatlah 2 – 3 hari
  • Hindari kegiatan fisik yang berlebihan
  • Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalori dan protein tinggi.
  • Perbanyak makan buah buahan segar.
 
<The_End>

0 Sahabat:

Post a Comment

I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.