Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » , » 10 Tips Sukses Menjalankan PKL

10 Tips Sukses Menjalankan PKL

          Halo semua, berhubung sekarang lagi masa-masanya PKL. Ninja Blogger mau share informasi yang mungkin bisa bermanfaat tentang 10 Tips Sukses Menjalankan PKL. Tapi inget ya, PKL yang ane maksud Praktek Kerja Lapangan ya bukan Pedagang Kaki Lima. Baiklah, langsung saja yuk kita simak informasinya.


          Praktek Kerja Lapangan (PKL) khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan ataupun universitas, selain sebagai mata pelajaran/kuliah wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/pelajar juga sebagai tempat untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya (terutama prodi non-pendidikan) dan yang lebih penting adalah sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan pengalaman. Disinilah kita dapat melihat penerapan riil dari teori -teori yang telah kita dapatkan sebelumnya.

          Sekedar sharing bagi para mahasiswa yang ingin mengadakan PKL, berikut ini adalah 10 tips sukses menghadapi PKL yang merupakan opini dan hasil dari pengamatan penulis artikel ini (Bukan saya lho, saya hanya membantu menyebarkannya saja) :


1. Menentukan Target


          Sebaiknya Anda menentukan target: apa yang ingin Anda kuasai (sesuai bidang/jurusan), pengalaman apa saja yang bisa Anda peroleh, berapa lama Anda akan mengikuti PKL, dan lain-lain. Pertimbangkan hal ini dengan baik, bila perlu mintalah petunjuk dari senior atau pembimbing anda. Misalnya jurusan agan-agan Teknik Komputer Dan Jaringan ya harus PKL di tempat yang ada Teknik Komputer Dan Jaringan, kalo agan PKL di tukan poto kopi ya salah kamar gan.


2. Cari Informasi


        Cari informasi dan pelajari perusahaan/instansi tempat anda akan mengadakan PKL. Ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan lingkungan dimana tempat Anda akan bekerja. Jangan sampe agan-agan salah informasi. Informasi bisa di dapat dari Media online dan dari lain-lain.


3. Belajar Lagi Gan


           Pelajari kembali. Setidaknya buka kembali buku-buku mata kuliah/pelajaran yang berkaitan dengan bidang kajian tempat Anda akan mengadakan PKL. Sehingga nantinya anda akan lebih mudah menemukan kaitan antara teori dan keadaan di lapangan. Bila perlu, catatlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan. Ya seengaknya agan pelajarin tentang yang akan agan kerjakan di PKL ini.


4. Inisiatif


          Berinisiatif. Jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari Anda. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal yang masih baru bagi Anda. Agan bisa aja inisiatif belajar pas kerjaan lagi gak ada. misalnya minta ajarin sama karyawan yang udah handal dibidangnya.


5. Membangun Relasi


          Membangun jaringan.Kesempatan PKL juga dapat Anda pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu Anda. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang. Ini memungkinkan agan bakal di tarik kerja.


6. Find The Point


          Temukan polanya. Apa yang Anda lakukan selama kegiatan PKL mungkin hanya secuil dari keseluruhan dinamika perusahaan/instansi tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas dengan hal tersebut, tetapi berusahalah untuk memperoleh “gambaran besar”-nya. Kenali polanya dan budaya perusahaan tersebut. Mengenali pola perusahaan/instansi sangatlah penting, karena akan membantu agan-agan dalam melaksanakan PKL ini.


7. Siapin Mental Gan


          Jangan lupa persiapkan mental untuk PKL dan belajar, bukan untuk jalan-jalan terutama yang di PKL diluar kota, bukan berarti tidak boleh refreshing lho, yang penting niat utamanya PKL itu belajar. Agan harus siap mental banget, karena pasti nanti akan di omel-omelin sama pak bos.


8. Jaga Sikapmu!


          Jaga Sikap dan Perilaku. Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater yang kita pakai, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti berpakaian rapi dan santun, sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja, menyapa petugas dengan salam, bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya mahasiswa/pelajar, dan hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kita.


9. Berhubungan Baik


          Pelihara hubungan baik dengan unit kerja pendukung untuk laporan nanti, untuk menjaga sewaktu waktu kita memerlukan keterangan atau data pelengkap semisal dalam penyusunan skripsi atau laporan dan sebagainya.


10. Key Of Success


           Jangan lupa berdoa agar kegiatan PKL anda bisa berjalan dengan lancar dan sukes. Inilah kunci keberhasilan kita, tanpa doa mungkin pekerjaan kita akan berat tapi dengan doa kita bisa meringankannya

          Baiklah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai 10 Tips Sukses Menjalankan PKL. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

<The_End>


12 Sahabat:

  1. Sayangnya ane msh lama gan
    1 thn lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya buat persiapan aja gan, ane juga masih lama :D

      Delete
  2. widih mantep, ane mau PKL bulan oktober ni.. minta do'a nya dong para blogger supaya lancar y !
    btw, artikel nya manfaat !
    http://everyth1ng.blogspot.com/
    http://fazaw.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Ane masih 4 tahun lagi PKLnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane belum tau berapa tahun lagi PKLnya, soalnya masih SMA kelas XI

      Delete
  4. mantap infinya, 6 bulan lagi ane bakal PKL :D

    mampir juga gan Lintas Informatika >> http://www.lintasinformatika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo gitu semangat gan. Semoga sukses :D
      Lain kali kalo komentar jangan pakai link aktif ya gan...

      Delete
  5. terima kasih infonya,bentar lagi ane pkl di telkom bulan juni
    masih lama,masih ada waktu buat nyari tempat pkl
    sudah berpengalaman ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga gan, ane masih kelas 2 SMA. Semoga sukses ya buat PKLnya :D

      Delete
  6. salam genal gan..
    setuju gan dengan 10 tips menghadapi PKL, karena kita akan menjadi orang yang siap pakai dalam dunia kerja. namun jangan anggap remeh PKL. karena kita harus tahu tips tipsnya agar kita pada sesudah PKL lebih cepat mendapatkan perkerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, makasih atas pendapatnya. Walaupun ane belum pernah PKL, tapi ane rasa PKL itu bener-bener bermanfaat :D

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.