Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Hati-Hati Berbagai Penipuan PIN Blackberry

Hati-Hati Berbagai Penipuan PIN Blackberry


          Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang "Berbagai Penipuan PIN Yang Terjadi Pada Blackberry, Seperti PIN Cloning, PIN Create/Generate, dan PIN Suspend". Informasi ini saya peroleh dari facebook teman, walaupun saya tidak memiliki Blackberry dan kurang paham tentang itu saya tetap akan memberikan informasi ini bagi kalian para pengguna Blackberry. Langsung saja, kalian bisa melihat informasi selengkapnya di bawah ini :

           Belakangan ini, ada banyak isu mengenai harus hati hati beli Blackberry di Indonesia karena masalah dengan kasus atau fenomena “curi” PIN Blackberry yang disebutkan PIN Cloning dan juga cerita bahwa Blackberry PIN akan kena PIN suspend dimana Blackberry di blokir dan tidak bisa digunakan sama sekali untuk Blackberry Messenger BBM, browsing dan push email dan hanya bisa digunakan sebagai HP normal yaitu untuk call dan SMS

  • Apa itu PIN CLONING?

           PIN Cloning terjadi dimana ada toko yang punya software untuk mencreate / generate pin blackberry untuk mengunakan dengan BB mereka.

  • Kenapa Ada PIN Cloning?

      Di pasar Indonesia (dan dimana mana), ada yang membeli dan import Blackberry yang sudah ter-Suspend dari luar negeri untuk dijual di Indonesia. Karena PIN sudah ter-Suspend dan tidak bisa digunakan lagi untuk layanan Blackberry sebiasanya, maka mereka akan “curi” PIN dan laukan PIN Cloning ke Blackberry yang sudah rusak itu.

  • Cara Curi PIN & Cloning?

           Untuk cloning PIN, yang diperlukan adalah nomor PIN dan IMEI Blackberry yang belum terdaftar di Operator dan dengan software tersebut, teknisi bisa cloning PIN ke Blackberry nya. Mereka akan kunjungi toko toko untuk mencatat nomor PIN dan IMEI Blackberry untuk di cloning ke Blackberry mereka yang ter-Suspend untuk dijual kembali.

  • Jadi Kalau tanpa sengaja saya beli Blackberry baru yang sudah di cloning bagaimana?

         Kembalikan ke toko yang garansi Blackberry anda dan minta ditukar dengan yang baru. Biasanya toko terkemuka yang jual Blackberry garansi distributor akan menggantikanya. Operator juga akan menggantikannya dengan yang baru jika Blackberry anda di garansi Operator.

  • Bagaimana Saya bisa tau bahwa Blackberry saya di cloning PIN?

Ini dia ciri ciri Blackberry yang telah di cloning dan aktif bersamaan,

- Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
- Bisa gunakan Blackberry Messenger tetapi kadang kadang tidak bisa send and receive
- Email Push juga bermasalah jadi kadang tidak bisa masuk
- Browser tidak bisa digunakan

  • PIN Create / Generate Beda dengan PIN Cloning

           Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan merobah pin BB mereka dengan software yang sama dan create atau generate PIN nomor cantik. Setelah generate PIN, mereka dapat menggunakannya BBM seperti biasa. Tetapi, cara mainan ini tidak akan tahan lama karena RIM secara routine mengecek server nya dan akan menghapus PIN yang bukan resmi dari mereka dan BBM tidak dapat digunakan lagi.
           Nah, celakanya kalau orang yang generate PIN ini tanpa sadar create PIN yang persis sama dengan yang punya anda! BBM antara dua BB yang punya pin yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar. Biasanya PIN cloner akan sadar dan akan gantikan PIN nya karena mereka tidak punya etiked buruk untuk cloning PIN.

  • PIN SUSPEND

           RIM akan suspend Blackberry PIN yang telah dilaporkan hilang oleh pemiliknya melalui operator. Jadi kalau anda membeli Blackberry yang di cloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah diSuspend dan pin cloning tersebut tidak akan tahan lama dan beresiko di suspend kembali.
           Blackberry yang dilapor hilang dengan nomor pin dan IMEI akan dicap HILANG ke server RIM yang berlaku ke seluruh dunia maka PIN itu di suspend dan tidak bisa digunakan untuk layanan Blackberry di seluruh dunia.
 
  • Cara Menghidari PIN Cloning dan PIN Suspend
 
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindarinya, diantaranya sebagai berikut :
 
- Beli Blackberry anda dari dealer resmi atau toko/teman yang anda bisa percaya. Usahakan beli yang bergaransi operator atau distributor.
- Kalau anda harus beli yang second/bekas, pastikan anda beli dari toko atau teman yang anda bisa percaya dan usahakan minta mereka garansi bahwa Blackberry yang dibeli bebas dari PIN cloning.
- Pastikan nomor PIN dan IMEI di blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak. Caranya, di blackberry handheld, ke options -> status. 
- Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email Settings.
 
Mungkin hanya segitu saja yang ingin saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam artikel ini. Tak ada manusia yang sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
 
<The_End>

3 Sahabat:

  1. SELAMAT BLOG SOBAT MENDAPAT AWARD DARI BLOG SHARE4RT.BLOGSPOT.COM

    SILAHKAN AMBIL AWARDNYA DI :

    http://share4rt.blogspot.com/2012/10/5-pemenang-award-top-comment-bulan.html

    JANGAN LUPA BERKOMENTAR TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENGAMBIL AWARD NYA ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih banyak sob.
      Akan segera saya amil awardnya, semoga tali silaturahmi sebagai sesama blogger tetap terjalin denga baik.
      :s

      Delete
  2. Terimakasih master, tapi masih banyak hal yang harus saya pelajari dalam dunia blogger agar menjadi lebih baik lagi.
    :q

    ReplyDelete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.