Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » , » 6 Persiapan UN Yang Sia-Sia

6 Persiapan UN Yang Sia-Sia


          Halo semua, Bertemu lagi dengan Ninja Blogger. UN... UN... UN... Gak kerasa ya, sebentar lagi kita bakal menghadapi Ujian Nasional yang mau gak mau harus kita jalani. Seperti yang telah kita ketahui, Ujian Nasional ini udah kayak ujian hidup, berat banget cobaannya. Mulai dari tekanan sekolah, orang tua, sampai tekanan-tekanan lainnya. Saking beratnya, banyak anak sekolah yang mati-matian belajar dari siang, malem, sampe subuh agar bisa lulus UN dengan sempurna. Tapi guys, bukannya kalau terlalu serius belajar bisa bikin stress ya?

          Saking beratnya juga, banyak anak sekolah yang melakukan banyak persiapan. Mulai dari persiapan fisik, mental, jiwa, raga, bahkan hati. Tapi eh tapi, benarkah persiapan UN kita bermanfaat? Benarkah semua yang kita siapkan terpakai saat UN dilaksanakan? Jawabannya adalah... gak semua. Karena ada beberapa persiapan UN yang ternyata sia-sia. Apa aja? Kali ini saya akan memberikan daftar 6 Persiapan UN Yang Sia-Sia berdasarkan pemikiran saya, berikut adalah daftarnya :

1. Latihan Soal


          Latihan soal itu seringnya percuma, apalagi kalau ternyata soal latihan yang kita kerjakan beda jauh sama soal pas UN. Beda jauhnya sejauh kutub utara dan kutub selatan. Dan kalau udah kayak gitu, sia-sialah semua latihan kita. Yang ada malah tambah nyesek, latihan soalnya gampang banget, eh ujian aslinya berbanding terbalik. Biar latihan soal kita gak sia-sia, kita harus paham konsepnya dan jangan sampai salah milih soal latihan. Soal latihan harus betul-betul kita pilih sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai memilih soal latihan seperti gambar di atas.

2. Bimbingan Belajar


          Bimbingan belajar juga kadang sia-sia kita lakukan. Alasannya adalah karena bimbel itu cuma buang-buang uang. Biasanya nih, yang ikutan bimbel sama yang nggak itu ujung-ujungnya ya lulus juga. Banyak kok anak yang gak bimbel bahkan jarang belajar di sekolah tetap lulus dengan nilai bagus. Bahkan gak jarang loh nilai anak yang gak bimbel lebih besar daripada yang ikut bimbel. Ikut bimbel sih boleh saja, tapi kalau bisa belajar serius sendirian, kenapa harus bimbel?

3. Sering Ikut Try Out


          Dari namanya aja udah ketahuan, Try out ini adalah uji coba. Tidak ada bedanya dengan gladi resik. Okelah kalo tujuannya untuk mengukur seberapa jauh kesiapan kita, tetapi itu tetap tidak bisa dijadikan patokan kita. Selain itu, dengan mengikuti banyak try out kita tidak hanya kehilangan banyak uang tetapi juga dapat menurunkan kesiapan fisik dan mental kita. Kalo hasil try out kita bagus, bisa jadi kita akan terlalu santai. Kalo hasil try out kita jelek, bisa jadi kita akan belajar mati-matian hingga sakit di hari ujiannya. Sayang banget kan?

4. Kerja Kelompok


          Kita semua tahu fakta tentang kerja kelompok. Fakta itu adalah bahwa dalam setiap kerja kelompok tidak ada kerja yang benar-benar kelompok. Pasti cuma beberapa atau bahkan cuma satu orang yang benar-bener serius belajar. Kesalahan kerja kelompok adalah karena kita berkelompok. Kan kita semua udah tahu, kalau berkelompok itu enaknya main, ngobrol, ngegosip, bukan belajar.

5. Bikin Contekan


          Bikin contekan, mau itu untuk UN ataupun ujian harian, tetap percuma. Contekan itu cuma buang waktu. Waktu yang kalian gunakan untuk membuat contekan itu sama saja membuang waktu belajar kalian. Daripada bikin contekan, mending latihan ngerjain soal yang ada di LKS (lah, katanya tadi latihan soal percuma?). Ya meski begitu senggaknya latihan soal lebih positif lah.

6. Mutusin Pacar


          Musim UN itu musim putus, soalnya UN adalah momen yang pas untuk mutusin pacar dengan alasan “aku mau serius belajar dulu.” Hayo, siapa yang pernah diputusin pake alasan itu? Ngaku! Mutusin pacar cuma karena UN itu percuma banget. Karena biasanya, punya pacar ataupun gak punya pacar, kamu bakal tetep males belajar. Justru kalau mutusin pacar karena mau serius UN, itu malah bikin belajar jadi gak serius karena kita galau. Galau itu lebih berbahaya daripada pas kita punya pacar. Lagian, lulus atau nggaknya kita setelah UN nanti, bukan ditentukan karena kita punya pacar atau nggak. Lulus atau nggaknya kita ya ditentukan oleh usaha kita sendiri. Bukan karena status kita.

          Nah, buat kalian yang akan menghadapi UN persiapan apa aja nih yang sekarang udah dan lagi dilakuin? Tidak usah ragu untuk curhat di kolom komentar ya. Sekian dulu untuk posting hari ini tentang 6 Persiapan UN yang Sia-Sia. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

<The_End>


8 Sahabat:

  1. Usaha yang disertai Doa gan, tidak akan sia-sia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu itu sudah pasti yang paling penting gan :D

      Delete
  2. tergantung pelajarnya kalau iq rendah memang percuma lah

    ReplyDelete
  3. selalu ada manfaatnya daripada tidak

    ReplyDelete
  4. Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. ditunggu informasi lainnya :)

    ReplyDelete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.