Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Penemu AC Pertama Di Dunia

Penemu AC Pertama Di Dunia

            Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Penemu Air Conditioner (AC) Pertama Di Dunia. Sebagai manusia yang hidup di jaman globalisasi dan kemajuan teknologi yang cukup tinggi, tentunya kalian mengenal istilah "AC" kan ? Namun, tahukah kalian siapa yang menemukan AC pertama di dunia ?


        Jawabannya adalah John Gorrie. Ia adalah warga negara Amerika Serikat. Mr. Gorrie lahir di Charleston, California Selatan tahun 1803. Pendidikan awalnya adalah bidang kedokteran, dengan spesialisasi ilmu bedah dan lulus tahun 1833. Hmm.. kenapa bisa jadi dia yang menemukan alat pendingin ruangan itu ya? Hehehehe


           Jadi, suatu hari Mr. Gorrie ini punya ide untuk membuat sebuah mesin pendingin udara karena banyak pasiennya yang kepanasan dan kegerahan selama berada di ruang perawatan. Para pasien itu merasa tidak nyaman. Akhirnya timbullah ide untuk membuat mesin pendingin udara di kamar pasien itu.
         Awalnya, Mr Gorrie membuat semacam kipas angin yang di depannya dipasang bongkahan-bongkahan es batu. Harapannya, es itu bisa membantu menciptakan udara dingin di ruangan itu. Nah, pada tahun 1844, beliau menguji teorinya itu dengan merancang dan mengembangkan mesin eksperimen pembuat es. Mesin ciptaannya itu dibuat berdasarkan hukum fisika yang menyatakan bahwa panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin.


          Alat tersebut bekerja dengan cara memadatkan gas (kompres),sehingga menjadikannya panas. Gas itu kemudian dialirkan ke koil-koil untuk diturunkan tekanannya (dekompres),sehingga menghasilkan udara dingin. Saking penasarannya, Mr. Gorrie memutuskan berhenti dari praktek sebagai dokter tahun 1845 untuk mengembangkan mesin pendingin itu. Kemudian, tahun 1848, ia memperkenalkan mesin pembuat es itu. Nah, 2 tahun berikutnya, Mr. Gorrie menerima hak paten pertama atas ciptaannya itu.

<The_End>

2 Sahabat:

I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.