Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Jenis-Jenis Pembohong

Jenis-Jenis Pembohong

          Halo semua, selamat malam. Ketemu lagi nih bersama Ninja Blogger dalam sebuah artikel yang menarik tentunya. Semua orang pasti beranggapan sama kalo kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya kejujuran, pasti kita akan hidup dalam perasaan bersalah. Dalam hal cinta, kejujuran adalah unsur penting harmonisnya suatu hubungan. Bahkan sebelum hubungan itu terjalin, harus ada kejujuran yang sedikit dibumbui keberanian bagi salah satu pasangan untuk mengungkapkan perasaannya. hehe.


          Berbohong, kepada siapapun kapanpun dan dimanapun, akibatnya akan kembali pada diri kita. Berbohong akan mengakibatkan kita harus kreatif untuk menutupi kebohongan itu dengan kebohongan yang lain. Dan seperti yang kamu tahu, kreatif itu capek. Coba tanya ke tukang ngarang dongeng kalau gak percaya! 

          Nah, kalian tau gak? kalo sebenenya pembohong itu dibagi kedalam beberapa jenis lho.Biar gak penasaran, disini ane akan ngasih Beberapa Jenis Pembohong untuk kalian semua :


1. Pembohong Patologis

          Pembohong patologis adalah pembohong yang seumur hidupnya terbiasa untuk berbohong. Pembohong patologis berbohong bukan semata-mata ingin menyembunyikan sesuatu atau apapun, mereka adalah penderita gangguan psikoloigs. Biasanya pembohong patologis itu melakukan kebohongan hanya untuk mencari perhatian orang lain. Contohnya adalah kalau kamu mengaku ke pacar kamu sakit lewat SMS tetapi sebenarnya kamu tidak sakit saat itu. Begitu terus demi mendapat perhatian sang pacar, kamu berbohong terus menerus untuk hal-hal yang kecil.


2. Pembohong Kompulsif

          Pembohong kompulsif melakukan kebohongan supaya terlihat lebih keren dari orang lain. Dalam hal ini, kebohongan kompulsif adalah sejenis pencitraan. Kebohongan kompulsif juga dilakukan untuk hal-hal yang kecil dan sederhana, contohnya adalah ketika kamu ngetweet, “Soal UN gampang banget ini. Kalo gini sih lulus semua dengan mudah.” Padahal saat itu kamu sedang sesegukan karena gak bisa mengerjakan soal-soal UN.


3. Plagiatisme

          Kebohongan yang satu ini marak terdengar di telinga kita. Maksud kami, di mata kita. Kita sering melihat di twitter, ada orang menulis tweet seolah itu adalah tulisannya, tetapi ternyata tweet tersebut adalah tweet milik orang lain yang sudah ia copast. Tindakan ini disebut tindakan plagiatisme, meniru orang lain lalu mengaku-ngaku bahwa itu adalah miliknya. Banyak hal dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan palgiatisme, salah satunya adalah dengan mematenkan sesuatu tersebut. Sehingga, siapa pun yang ingin menulisakan kembali atau menampilkan kembali hal yang sama harus seizin pemilik hak ciptanya. Tapi untuk twitter, kita kan mengenal retweet, tinggal gunakan saja fitur itu.


4. Pembohong Grafis

          Kalian pastinya mengenal Photoshop, kan? Aplikasi edit foto paling banyak dipakai ini ternyata sering dijadikan alat untuk melakukan kebohongan, yaitu kebohongan grafis. Para pembohong grafis melaukakn kebohongan dengan cara meng-edit foto wajah mereka supaya kelihatan lebih cakep, biasanya sih pake Camera360. Korbannya adalah para stalker yang mencari jodoh di social media. Mereka sering tertipu avatar twitter. Efeknya, banyak orang yang akhirnya gak menggunakan avatar wajah asli di avatarnya. Sekalian aja lah supaya orang tahu kalau kita gak ganteng karena gak pakai avatar asli.


          Dari jenis-jenis pembohong yang udah ane bahas diatas, ada kebohongan yang paling menyiksa diri, yaitu membohongi diri sendiri. Ngakunya gak kangen padahal hati merintih menahan pilu. Ngakunya gak suka tapi cemburu kalau melihat dia dengan orang lain. Ngakunya gak sayang pas jadian, tapi pas putus malah paling susah move on. Duh... Nah, coba sekarang kamu share pembohong apa lagi yang paling ngeselin di kehidupan kamu. Lewat comment ya...


<Ihe_End>

 

6 Sahabat:

  1. Replies
    1. Oke gan, terima kasih udah berkunjung :D

      Delete
  2. Setuju dengan nomor 4 hehe.. Terima kasih wan infonya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget den, yang No. 4 emang paling sering gua temuin :D

      Delete
  3. wah, keren artikelnya gan.
    Bermanfaat banget
    Jangan lupa komenback nya di http://adeputra-pkp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okesip, Terima kasuh banyak gan :D

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.