Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Jangan Pernah Lakukan Ini Di Jepang !!!

Jangan Pernah Lakukan Ini Di Jepang !!!


          Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Hal-Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Kita Lakukan Di Jepang

Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung

          Pepatah lama itu harus kita ingat ke manapun kita pergi. Aturan dan kebiasaan masing-masing wilayah apalagi Negara sudah tentu berbeda. Kita sebagai pendatang wajib menyesuaikan diri dengan kebiasaan tempat yang kita datangi. Nah, kalo sedang berkunjung ke Jepang, apa saja ya hal-hal yang tidak boleh kita lakukan??

1. Jangan lupa menambahkan kata "san" dibelakang nama seseorang

          Karena akan terdengar tidak sopan jika kita memanggil seseorang tanpa tambahan "san" ini. Jangan juga menggunakan kata "anata" (kamu) ketika sedang berbicara dengan orang lain, panggil saja namanya.

2. Jangan pernah menambahkan kecap pada nasi putih.

          Ini dianggap tidak sopan oleh orang Jepang. Sebaliknya, mengangkat mangkok ketika makan nasi atau mie, dan mengeluarkan suara "sruputan" ketika sedang makan mie, dianggap hal yang wajar oleh orang Jepang. Selain itu jangan pernah menyisakan makanan ketika sedang makan.

3. Jangan asal menggunakan sumpit

          Ketika sedang menggunakan sumpit, jangan pernah menaruhnya dengan posisi tertancap di nasi, dan jangan pernah memindahkan makanan langsung dari sumpit ke sumpit dengan orang lain, karena hal tersebut mengingatkan dengan penggunaan sumpit pada upacara kematian. Dan jangan menjilat sumpitmu seenak apapun makanan yang kamu makan.
4. Jangan menelepon ketika sedang berada di dalam kereta

          Bahkan jika kamu duduk di dekat "priority seat" (kursi khusus untuk orang tua, penyandang cacat, ibu hamil, dan ibu yang membawa anak-anak), kamu harus mematikan dering telepon genggammu. Menelepon di kereta akan mengganggu orang-orang di sekitarmu, orang-orang dalam kereta, sedangkan mematikan dering telepon genggam jika berada di dekat priority seat bertujuan agar orang tua atau penyandang sakit jantung yang duduk di priority seat tidak kambuh sakit jantungnya karena kaget mendengar telepon genggammu berbunyi tiba-tiba.
5. Jangan pernah memberi "tip" di Jepang

          Memberi "tip" di rumah makan atau restoran bahkan dianggap sebagai penghinaan.
6. Jangan marah ketika kamu sedang berdiri tiba-tiba ada yang mendorongmu.

          Itu artinya kamu berdiri di tengah jalan dan menghalangi jalan orang lain. Segeralah menyingkir. Jangan berdiri sembarangan ketika sedang menaiki escalator! Orang jepang punya aturan tidak tertulis tentang ini. Jika kamu sedang berada di daerah Tokyo, escalator sebelah kanan adalah untuk orang yang santai, sedangkan sebelah kiri untuk orang yang buru-buru (naik escalator sambil berjalan), sedangkan di Osaka berlaku sebaliknya.
7. Ketika kamu sedang menghadiri sebuah acara “Nomikai” atau Japanese drinking party, jangan pernah minum bir di gelasmu duluan.

       Tunggu samapi seseorang menyampaikan kata-kata pembukaan lalu setelah berkata “kampai” bersama-sama yang lain barulah boleh minum bir di gelasmu.
8. Jangan pernah terlambat

          Ini hal terpenting yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapat penilaian yang baik dari orang Jepang. Mereka paling tidak suka menunggu orang yang tidak tepat waktu. Jika kamu dengan sangat terpaksa terlambat, teleponlah mereka, jelaskan alasanmu mengapa bisa sampai terlambat, dan sebutkan berapa lama kamu akan terlambat.

          Gimana? Cukup jelas kan hal-hal apa saja yang dianggap tidak sopan oleh orang Jepang?? Berlakulah seperti orang Jepang ketika kamu berada di Jepang. Siapa tahu diantara kalian ada yang ingin pergi ke Jepang. Sekian dari saya, sampai jumpa dilain kesempatan.

<The_End>


12 Sahabat:

  1. wah bermanfaat banget nih infonya, senadainya ada yang kejepang jadinya kan sudah tau apa saja yang tidak boleh dilakukan disana nanti... bener gx s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget sob, makasih udah berkunjung :b

      Delete
  2. wah repot jg tnggal di jepang xxixi hmm lmayan bwt prsiapan klo ane ke jpenang nanti *mimpi komen back yaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan berhenti bermimpi sob :b
      teruslah berusaha

      Delete
  3. wah...
    gak pernah ke Jepang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob, tapi lumayan buat nambah-nambah pengetahuan kalo nanti ke Jepang :t

      Delete
  4. bermanfaat sekali... terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  5. jepang keren karena AKB 48 gan..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, ane nge-fans tuh ama AKB48 :b

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.