Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Virus Bisa Diubah Jadi Energi Listrik

Virus Bisa Diubah Jadi Energi Listrik

          Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Menggunakan Virus Sebagai Energi Listrik. Sobat pasti sudah tahu kan kalo sebagian besar virus memiliki dampak yang merugikan. Tetapi dengan menggunakan teknologi yang sudah ada saat ini, virus dapat diubah menjadi hal yang menguntungkan. Seperti dijadikan vaksin, antigen, atau peta kromosom. Bahkan, para ilmuwan di London telah menemukan cara untuk menggunakan virus sebagai energi listrik. Tidak percaya? Mari kita lihat buktinya di bawah ini :

Nah.. Ternyata Virus itu Bisa Dimanfaatkan Gan Untuk Sumber Listrik

          London: Para ilmuwan mengklaim telah mengembangkan teknik yang unik untuk memanfaatkan listrik dari bakteri yang telah diinfeksi virus untuk daya ponsel Anda. Sebuah tim di University of California, Berkeley menggunakan virus yang dikenal sebagai bakteriofag M13 untuk menggantikan unsur-unsur beracun yang digunakan untuk mengisi ponsel.

          Virus memiliki properti yang dikenal sebagai piezoelektrik, yang berarti dapat menerjemahkan energi mekanik menjadi energi listrik, Daily Mail melaporkan. Para peneliti percaya penemuan ini bisa membuka jalan untuk ponsel yang dapat dikenakan saat Anda berjalan dan mengganti elemen piezoelektrik beracun yang telah digunakan di ponsel.

          Sebagian besar mikrofon Mobile Phone adalah piezoelektrik karena mereka perlu mengkonversi energi dari gelombang suara menjadi output listrik yang dapat ditularkan dan kemudian diterjemahkan kembali ke gelombang suara di ujung telepon.

          Komponen-komponen piezoelektrik terbuat dari logam berat beracun seperti timbal dan kadmium, menurut bioengineer Seung-Wuk Lee. Bakteriofag M13 memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik ketika dikompresi tanpa keterlibatan bahan kimia beracun.

            Lee dan rekan-rekannya menemukan bahwa virus pensil berbentuk M13 berpotensi menjadi sumber energi yang sempurna karena virus ini tidak berbahaya bagi manusia. Hal ini juga murah dan mudah untuk dibuat, bahwa para ilmuwan bisa mendapatkan triliunan virus dari sebuah tabung berisi bakteri terinfeksi.

          Untuk meningkatkan tenaga pembangkit listrik dari M13, Tim Lee melakukan sedikit perubahan kandungan asam amino dari mantel protein terluar virus dengan menambahkan empat molekul glutamat bermuatan negatif. "Ini akan membawa banyak kegembiraan dalam segala bidang," kata Zhong Lin Wang, seorang insinyur di Institut Teknologi Georgia. "Dengan memanfaatkan sifat-sifat biomaterial, kita dapat menemukan aplikasi yang unik di masa depan," kata Wang.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat ilustrasi di bawah ini :

1. Virus 


2. Virus Dibedah Dalamnya


3. Virus Dimodifikasi Melalui Biomineralization Dilekatkan Ke Bakteri


4. Virus Sebagai Penghasil Listrik


          Bagaimana sob, sudah cukup jelas kan? Dengan semakin majunya teknologi-teknologi yang ada saat ini, kita dapat menaggulangi terjadinya kelangkaan energi dengan mengganti energi yang terbatas dengan energi alternatif lain. Baiklah, sekian dari saya. Mohon maaf apabila banyak kekurangan, sampai jumpa di lain kesempatan.

<The_End>


2 Sahabat:

  1. cuma mampir untuk blogwalking ...
    komeng balik yaa , hehe :D

    SHARE4RT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okesip :b makasih atas kunjungannya

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.