Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Perlu Ga Sih Kuliah Tinggi-Tinggi?

Perlu Ga Sih Kuliah Tinggi-Tinggi?

          Halo semua, apa kalian sudah pembagian raport? Bagaimana hasilnya, apakah cukup memuaskan? Buat anak SMA harus udah nentuin mau kemana nih setelah lulus nanti, jangan sampe kayak lagunya rumor-Butiran Debu "Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang." 


          Menurut kalian perlu ga sih sekolah tinggi-tinggi? Kalau menurut ane sih perlu. Alasan utamanya adalah posisi posisi kerja saat ini sangat membutuhkan spesialisasi. S1 saat ini sudah menjadi standar baru dalam mencari kerja, walaupun masih ada juga mencari kerja dengan ijasah dibawah S1. Kemampuan S1 biasanya masih bersifat umum belum memiliki spesialisasi seperti S2 dan S3.

          Ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya dan memiliki banyak cabang. Orang tidak bisa menguasai semuanya karena banyak keterbatasan misalnya kemampuan otak, fokus, waktu, sumber daya dan lain lain. Saat Anda mengambil S2 atau S3, berarti Anda lebih fokus pada sebuah bidang yang nantinya akan memandu menuju pengetahuan yang lebih mendalam.

          Perhatikan saat ini perusahaan perusahaan bersaing dengan sengitnya sehingga membutuhkan inovasi setiap harinya. Persoalan seperti ini bisa diatasi oleh orang orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang hal tersebut.

          Seorang rekan seangkatan bertanya tentang izin “sekolah lagi” (mengambil gelar S2), utamanya yang masa kerjanya belum mencapai lima tahun. Dari pembahasannya saya mengetahui kalau izin untuk itu masih mungkin diberikan, tentunya dengan beberapa pertimbangan. Ada hal-hal serta konsekuensi yang perlu diperhatikan, sebelum dan selama menempuh jenjang pasca sarjana tersebut.

          Saya kagum dengan rekan tersebut. Di usia yang masih muda, masih ada kemauan yang kuat untuk belajar lagi, belajar lebih tinggi, menggali ilmu lebih dalam lagi. Dan jujur, saya merasa iri. Saya ingin seperti mereka, bisa kembali menekuni dunia akademik, berkutat dengan buku dan penelitian, mengeksplorasi lebih jauh ide dan peristiwa.

          Akan tetapi, saya juga bertanya-tanya, apa sih motivasi mereka yang mengambil pasca sarjana? Iseng saya googling, juga nulis status di plurk sampai ke fesbuk. Ternyata ada beragam motivasi/alasan ketika seseorang memutuskan kuliah lagi. Berikut di antaranya:
 
  1. Memang masih ingin belajar lagi.
  2. Masih ingin tinggal di perantauan lebih lama.
  3. Masih menganggur / belum bekerja dan kebetulan masih ada uang.
  4. Gelar, titel di belakang nama.
  5. Gengsi, jadi bahan omongan pas arisan.
  6. Perbaikan karir, naik pangkat, naik tunjangan, naik pendapatan.
  7. Dipaksa Disuruh ortu.
  8. Investasi jangka panjang.
  9. Mau jadi professor
  10. Dan lain lain...

         Dari beragam alasan itu yang pasti, motivasi apapun selayaknya kita dukung, setidaknya selama gelar S2 atau S3 yang kelak disandang itu dapat memberi manfaat bagi kita semua. Baiklah, mungkin hanya itu saja yang ingin saya sampaikan. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

<The_End>


14 Sahabat:

  1. hmm tp suram jg cm S1 euy di indo komen back y

    ReplyDelete
  2. kuliah cuma nambah ilmu serta title sob, kalau udh kerja kembali lagi ke skill masing2, intinya jangan berpengangan dengan nama kuliahan, lihat kemampuan sendiri, penting juga sih kuliah, hehehe

    ReplyDelete
  3. mnurut sya perlu bnget tch kuliah ,,,,krna zaman mkin lama mkin sulit

    ReplyDelete
  4. Kalo Menurutku Kuliah Itu Sampe S1 Aja Buat Apa Lama Lama Kuliah Nanti Cuma Jadi PNS Berbayaran Murah !!
    #komentar balik yaa !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jurusannya gan, ada juga kok yang bayarannya tinggi :b

      Delete
  5. ane sih gak perlu..:)
    banyak sih yg kuliah tinggi2 tapi malah nganggur..:) tergantung orangnya juga sih, kalo menurutnya perlu ya laksanakan..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, seperti yang dibilang ama agan @Liong Seo: "kuliah cuma nambah ilmu serta title sob, kalau udh kerja kembali lagi ke skill masing2, intinya jangan berpengangan dengan nama kuliahan, lihat kemampuan sendiri"

      Delete
  6. wah, maksih infonya gan jgn lupa mampir ke http://adeputra-pkp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan, makasih juga udah berkunjung kemari :b

      Delete
  7. klo ane sih pngen yg kaya POIN KE - 9 itu ...
    heheheheheh ...

    blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ane nanti yang penting dapet kerjaan yang nyaman dan menguntungkan sob :t

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.