Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » , » Manfaat Puisi Di Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Puisi Di Kehidupan Sehari-Hari

          Halo semua, kalian pasti sudah tau kan apa itu puisi? Sebenarnya apa sih manfaat puisi itu? Nah, untuk menjawabnya kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi mengenai Manfaat Puisi Di Kehidupan Sehari-Hari. Awalnya sih ane dikasih tugas bikin puisi disekolah, tapi akhirnya ane jadi kepikiran buat nyari tau manfaat puisi itu. Langsung aja deh, yuk kita bahas.


          Sebenarnya ga cuma puisi aja lho yang bisa bikin kita penasaran buat nyari tau apa manfaatnya. Banyak pelajaran di sekolah yang kita nggak tau kapan diterapin di dunia nyata. Misalnya, aljabar. Duh, di cuaca yang gerah ini kayaknya kurang cocok ngomongin aljabar. Ganti topik aja. Berhubunga 21 Maret kemaren tuh Hari Puisi Sedunia, jadi kita ngomongin puisi aja. Jangan ngomongin pulisi ah, nanti ditilang.

          Dipikir-pikir puisi mirip-mirip sama aljabar, waktu SD kita bingung ngapain orang belajar bikin puisi? Lebay banget pula kata-katanya. Tapi ternyata pas udah gede, ane jadi sadar puisi ada manfaatnya juga. Nih, ane kasih tau apa manfaat puisi :

          Pertama, puisi itu ngebagusin sesuatu yang sebenernya biasa aja. Keunggulan puisi itu memang di kosa katanya yang kadang lebay. Seandainya nggak lebay pun, pasti pemilihan katanya mesti selektif. Atau kalau pemilihan kata yang biasa dan kosa kata biasa aja, pas dibacain pake intonasi puisi, pasti jadi kedengeran ‘wah’. Misalnya, coba baca kalimat di bawah ini dengan intonasi puisi…

Api... Jika ditiup, padam.

          Kedengerannya jadi bagus kan? Padahal kalo diperhatikan itu cuma kata-kata biasa aja.


          Berikutnya, manfaat puisi itu biar bisa memengaruhi orang. Orang-orang sih sering nyebutnya ngerayu, padahal intinya memengeruhi juga. Ngerayu di sini nggak harus ngerayu calon pasangan, tapi bisa siapa aja. Kalau di rumah, bisa kamu pake buat ngerayu ibu. Seperti biasa, jangan lupa intonasi puisinya dipake.

Ibu... Bagi duit dong, Bu. Mau jajan, Bu.

          Beuh, romantis banget. Ibu kamu pasti meleleh terus langsung ngasih uang jajan ke kamu. Puisi dipake ngerayu untuk urusan lain juga boleh. Misalnya, lagi beli di toko, mau nawar harganya…

Ngkoh… turunin harganya dong, Koh. Jangan bikin berasa kayak ditodong..

          Lagi-lagi si ngkoh bakalan melted terus ngasih potongan harga gede ke kamu. Kamu juga bisa make puisi buat ngerayu guru kamu biar nilai bahasa Indonesia kamu gede. Caranya mirip sama yang di atas, tapi tulis puisi kamu lebih panjang di lembar jawaban kamu, pasti guru kamu bakalan ngasih nilai. *yaiyalah, gan, itu sama aja kayak ngejawab ujian. hehehe...

           Terakhir, puisi itu punya manfaat sesuai zaman. Sekarang lagi zamannya Twitter dan Instagram. Kamu bisa dapetin banyak followers gara-gara puisi. Tinggal pikirin satu tema, terus rangkai kata-kata yang bagus, posting. Pasti banyak yang suka. Nggak usah takut dibilang galau. Nulis yang galau-galau bukan berarti lagi galau beneran, kok. Santai aja, yang penting berkarya dan karyanya orisinil, bukan hasil copas-an.

          Nah, mungkin itu saja manfaat puisi yang dapat ane pikirin. Mungkin diantara agan-agan sekalian ada yang mau nambahin. Gausah takut dan gausah malu gan, kalo mau nambahin tinggal nulis di komentar aja kok. Maafin ane ya kalo diantara kata-kata yang aneucapin ada yang nyinggung perasaan agan. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

<The_End>


4 Sahabat:

  1. Salam.. Wahh nice infonya sob sangat bermanfaat.. Jangan Lupa Berkunjung Balik Juga ya di Putra-Community (y) Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan, kalo ada waktu ane pasti berkunjung balik :D
      Lain kali kalo berkomentar jangan menggunakan link aktif ya gan...

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.