Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Keberhasilan dan Kegagalan: Dua Sisi Koin Yang Sama

Keberhasilan dan Kegagalan: Dua Sisi Koin Yang Sama

          Halo semua, bertemu lagi dengan ane Ninja Blogger. Mungkin agan pernah nanya ke diri agan sendiri, apa bagusnya sebuah kegagalan?. Kegagalan berarti, agan gak berhasil, gak mencapai hasil yang diinginkan dan gak sesuai dengan harapan. Apa bagusnya hal yang demikian? Kali ini ane akan memberikan artikel yang mungkin bisa memotivasi agan-agan sekalian. Judulnya "Keberhasilan dan Kegagalan: Dua Sisi Koin Yang Sama".


========================================================


          Keuntungan dari kegagalan adalah agan menjadi tahu untuk tidak melakukan sesuatu. Dan ini sama berartinya seperti mengetahui bagaimana cara melakukan sesuatu. Seperti yang dikatakan Thomas Edison:

          Hanya karena sesuatu tidak seperti yang direncanakan, tidak berarti sia-sia…Hasilnya? Banyak hal yang saya dapatkan! Jika saya menemukan 10,000 kegagalan, saya tidak gagal. Saya tidak putus asa, karena setiap kesalahan yang terjadi adalah selangkah kedepan.

          Kegagalan adalah peluang untuk pembelajaran, cuman kalo agan menganggapnya demikian. Yang lebih sering terjadi adalah kesalahan dilihat sebagai hal yang seharusnya disembunyikan atau dihindari dan tidak pernah diakui. Seberapa sering orang-orang disekitar agan melakukan kesalahan yang sama berulang kali karena tidak seorang pun yang mengakuinya atau mencari tahu mengapa terjadi kesalahan.

          Bukankah biaya dan waktu akan menjadi kian efektif jika terjadi kesalahan dan hasilnya merupakan peluang pembelajaran? Setiap hal yang tidak berjalan sesuai rencana, pikirkan apa yang dapat agan lakuin kedepannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan? Apa yang kurang? Apa yang perlu ditambahkan? Apa yang perlu dirubah?

          Ketika jawaban pertanyaan ini digali dengan pikiran terbuka dan tanpa asumsi, maka lakukan pembelajaran ini dan terapkan di masa depan. Setiap organisasi harus mau belajar dan melakukan perbaikan. Hanya karena metode tertentu berhasil tidak berarti merupakan yang terbaik. Berpacu untuk mencapai peningkatan. 

          Bersiap untuk gagal dan belajar; adalah satu-satunya jalan melangkah kedepan.


  • Merayakan Kesuksesan

          Kebalikan dari sisi koin yang sama adalah kesuksesan. Sama halnya menganalisa kagagalan dan mempelajarinya, maka penting juga kalo agan merayakan keberhasilan dan mengulang keberhasilan. Setiap tahun kita berusaha keras untuk menjadi semakin baik dan berhasil atas apa yang kita kerjakan. Namun, yang sering terjadi, kita hanya mengingat prestasi terbesar kita hingga banyak orang memberi ucapan selamat.

        Sebagian dari kita harus bersyukur dengan keberhasilan kecil yang dicapai. Keberhasilan seperti men-generate profit dalam bisnis kita, mendapatkan klien yang telah lama kita incar atau sekedar ucapan terima kasih dari salah satu klien yang puas dengan pekerjaan kita.

          Meskipun ini hanyalah kesuksesan kecil, keberhasilan seperti ini yang memberikan kontribusi dalam bisnis, memotivasi staf dan membuat agan menjadi bahagia. Sekarang bagaimana jika agan dapat mengulang masing-masing kesuksesan kecil yang agan dapet setiap bulan atau minggu, bukankah merupakan kesuksesan besar bisnis agan?

          Untuk mencapai kesuksesan besar tersebut agan perlu merayakan kesuksesan kecil yang diraih. Agan perlu mengingatnya, menelaahnya dan menemukan cara untuk mengulanginya kembali. Duduk dan berpikir, dalam setahun terakhir, apa yang telah agan lakukan dengan baik. Pikirkan apa yang telah agan lakukan dengan baik, alasan orang berterima kasih kepada agan, dan dimana agan dihargai.

          Buatlah daftar kesuksesan, betapapun kecilnya itu, telaah mereka untuk menemukan jalan agar dapat terulang kembali . Apakah esensi keberhasilan yang dapat diulang? Pecahkan kesuksesan kedalam langkah proses kecil, pikirkan segala sesuatunya untuk mencapai keberhasilan. Bukan hanya langkah yang besar, pikirkan setiap langkah kecil yang diambil.

          Yang sering terjadi, bukan langkah besar yang menentukan kesuksesan, justru hal-hal yang kecil. Mungkin agan menulis ucapan terima kasih pada klien, atau menelpon menanyakan kabar mereka. Mungkin anda merekomendasikan klien ke orang lain untuk memecahkan masalah yang tidak dapat agan beresin. Agan dapat memberi reward pada staf atau melakukan hal lain untuk mereka sehingga mereka menunjukkan kinerja yang meningkat.


  • Pikirkan kesuksesan secara detil

          .Agan harus mampu melihat dimana anda melakukan hal yang berbeda untuk mencapai keberhasilan. Langkah selanjutnya adalah meletakkan rencana secara bersamaan dengan bagaimana agan akan mengulangi kesuksesan sebelumnya. Rencana anda harus mencakup langkah-langkah penting yang menghasilkan kesuksesan. Dengan memahami dan merencanakan keberhasilan, anda dapat mengulanginya dan mencapai kesuksesan besar dalam bisnis anda. Rencanakan keberhasilan, belajar dari kegagalan.

=========================================================

          Demikianlah pemaparan artikel "Keberhasilan dan Kegagalan: Dua Sisi Koin Yang Sama" kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk agan semua dan ane mohon maaf kalo ade beberapa kesalahan yang tidak berkenan di hati agan. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, Terima kasih atas perhatiannya.


<The_End>


10 Sahabat:

  1. yang penting jangan pernah menyerh gan
    nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gan, asalkan gak menyerah pasti bisa berhasil :D

      Delete
  2. Saya setuju sama @ilfen-share... Jangan Pernah Menyerah,,, Masa Depan menunggumu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, ane juga :D
      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih gan, mampir juga ke artikel yang lainnya ya :D

      Delete
  4. pesimis sama dengan gagal

    no pain no gain

    komen back eeyyyeye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya gan, sip deh. Nanti kalo ada waktu ane komen back :D

      Delete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.