Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Voyager 1

Voyager 1

Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Voyager 1. Tahukah kalian apa itu Voyager 1? Bagi yang belum tahu, yuk kita lihat gambar di bawah ini :


          Voyager 1 adalah sebuah pesawat antariksa Nirawak yang diluncurkan tanggal 5 September 1977 dan sampai sekarang masih beroperasi di luar tata surya. Voyager 1 juga merupakan benda buatan manusia yang terjauh dari bumi yaitu berada pada jarak 15 miliar kilometer dari bumi (100 Astronomical Unit atau 9,3 miliar mil, per 17 Agustus 2006) dan memasuki Heliosheath setelah melewati Termination Shock yang membatasi tata surya. 
        Pada jarak tersebut tentu perlu waktu yang lama untuk mengirim sinyal dari benda ini ke pusat kontrolnya. Sinyal dari Voyager 1 perlu lebih dari 13 jam untuk sampai ke pusat kontrolnya, yaitu Jet Propulsion Laboratory di dekat Pasadena, California yang merupakan proyek bersama NASA dan Caltech.
           Saat diluncurkan, tujuan utama Voyager 1 adalah menyelidiki Jupiter dan Saturnus serta cincin dan bulan kedua planet tersebut. Sekarang, Voyager 1 sedang menyelidiki heliopause dan medium antar-bintang. Listrik Voyager 1 dibangkitkan menggunakan pembangkit termolistrik radioisotop (radioisotope thermoelectric generator) dan diperkirakan masih akan terus tersedia dan menyalurkan komunikasi dengan Bumi hingga sekitar tahun 2020. 
          Pada saat tanggal 15 Agustus 2006, Voyager 1 meluncur pada kecepatan sekitar 61.000 kilometer per jam. Voyager 1 akan menjadi interstellar probe selamanya seperti beberapa satelit buatan manusia lainnya seperti Pioneer 10, Pioneer 11, dan Voyager 2. 
          Pada Awalnya, Voyager 1 adalah Mariner 11 untuk Program Mariner. Secara kebetulan, teknologi Gravitational Slingshot yang digunakan waktunya cocok dengan susunan planet yang memungkinkan penggunaan gravitasi planet untuk pesawat luar angkasa tersebut atau Planetary Grand Tour. Voyager 1 diluncurkan setelah Voyager 2 pada 5 September 1977 dan diset pada jalur yang membuatnya lebih cepat sampai Jupiter dan Saturnus.
 
<The_End>

2 Sahabat:

I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.