Our Facebook Our Twitter Our Google+ Our Feed

Followers

Popular Posts

Home » » Gula

Gula

          Halo semua, kali ini Ninja Blogger akan memberikan informasi tentang Gula. Saya sih sebenarnya hanya iseng saja membuat posting ini, tetapi semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Pertama-tama, kalian tahu gak apa gula itu? Pasti tahu dong, ituloh bahan yang dapat membuat makanan atau minuman menjadi manis hehe.


          Lebih tepatnya, Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

  • Darimana Gula Berasal ?


           Hampir semua tanaman menghasilkan gula untuk berkembang. Zat gula dapat ditemukan dalam buah, batang, akar, dan dedaunan. Pembuatan gula tidaklah seperti pembuatan roti. Para pembuat gula bertugas memisahkan gula dari elemen-elemen lain pada tanaman.
  • Bagaimana Kita Bisa Mendapatkan Gula ?


         Gula terutama berasal dari dua tanaman, yaitu : Bit yang tumbuh di Dataran Eropa, dan Tebu yang tumbuh di Daerah Tropis. Kita memakai Akar Bit dan Batang Tebu. Akar Bit dan Batang Tebu itu dipotang lalu dihancurkan untuk mendapatkan sarinya yang manis dan kemudian dimasak hingga berbentuk Kristal.

  • Benarkah Ada Pohon Gula ?


           Di Kanada, pohon Maple ditanam untuk mendapatkan gula. Pada Musim Semi, batang pohon Maple dilubangi agar sari pohon Maple itu keluar. Sari pohon Maple kemudian dipanaskan buntuk mendapatkan cairan yang manis yaitu Sirup Maple. Bila pemanasan diteruskan, maka sirup maple akan menghasilkan Gula Padat.

  • Bagaimana Lebah Bisa Menghasilkan Madu Dari Bunga ? 



          Lebah-lebah terbang dari satu bunga ke bunga lain untuk menghisap nektar, yaitu sari yang ada di dalam bunga dan rasanya manis. Mereka lalu membawanya ke sarang, mencampurnya dengan cairan ludah mereka dan menyimpannya pada rongga-rongga yang ada di dalam sarang mereka. Saat peternak lebah memanen madu, edia meninggalkan sedikit madu untuk dimakan oleh para lebah selama Musim Dingin. Tahukah kamu, untuk menghasilkan 1 kilogram madu, para lebah penghisap harus bekerja selama 200 hari. Mereka melewati jarak hingga 40.000 kilometer dan menghisap sekitar 800.000 bunga. Pekerjaan yang sangat berat.

<The_End>

2 Sahabat:

  1. maksud ente glukosa bukan?? klo gula kan dri tebu. komen back yaw

    ReplyDelete
I'm not online 24 hours and take care of this blog alone,
I'm sorry if your comment is not been replied.
Please use polite words to leave a comment.
Comment SPAM, SARA, OOT, promotion and the like will not be displayed.